Kamis, 24 Oktober 2013

PENGEMBANGAN DAN INOVASI DALAM ORGANISASI

PENGEMBANGAN DAN INOVASI DALAM ORGANISASI

Pengembangan dan inovasi dalam suatu organisasi menjadi hal yang harus ada untuk membawa organisasi menjadi lebih baik dalam pencapaian tujuan dan tepat sasaran secara efektif dan efisien. Metode-metode yang diterapkan dalam suatu organisasi berbeda-beda sesuai dengan rencana tujuan yang akan dicapai, metode-metode itu lang selalu mengalami perkembangan dan inovasi, pengembangan metode dilakuakan mengikuti dengan perkembangan teknologi dan keadaan eksternal yang mempengaruhi pencapaian tujuan dalam suatu organisasi. Dala mengembangkan metode itu juga terkadang ditemukan gagasan baru yang secara tidak sadar menjadi senjata ampuh untuk pencapaian tujuan juga, gagasan baru yang membuat organisasi bekerja secara efektif dan efisien.
Selain pengembangan metode, organisasi juga tak terlepas dengan stuktur dan manajemen komponen yang menyusun suatu organisasi. Stuktur kepemimpinan juga menjadi hal yang tak luput dari pengembangan dan penebuan gagasan baru. Regenerasi dan pergantian kekuasaan dan posisi dalam suatu organisasi juga menjadi penentu perkembangan organisasi dalam mencapai tujuannya.
Sebagai penguat pendapat kelompok kami, kami menyertakan beberapa sumber yang membahas tentang perubahan, perkembangan dan inovasi organisasi. Sebagai berikut :

Perubahan, Perkembangan, Dan Inovasi Organisasi
Gaya Manajemen Baru dalam Mengelola Keanekaragaman :
Roosevelt Thomas, Jr, Presiden American Institute for Managing Diversity, merumuskan
Mengelola keaneka ragaman ( Managing Diversity – MD ) sebagai proses menciptakan dan memelihara suatu lingkungan yang memungkinkan semua anggota organisasi mencapai potensi penuh mereka dalam mengejar tujuan perusahaan.
Pedoman Managing Diversity :
·              Apakah anda benar-benar telah memahami Managing Diversity
·               Menerima peran sebagai agen perubahan
·               Mengembangkan rencana strategi Managing Diversity
·               Gunakan pendekatan payung ( umbrella approach )
·               Kembangkan penalaran bisnis strategik
·               Tanamkan pentingnya perubahan dalam benak para pegawai
·               Periksa dan modifikasi budaya
·               Gunakan perspektif Managing Diversity jangka panjang
Terapkan sikap perintis
Pengembangan Organisasi ( Organization Development – OD )
Adalah metode untuk memberi sarana perubahan dan pengembangan dalam struktur dan proses ( misalnya, hubungan, peran ), tenaga kerja ( misalnya gaya, keahlian ) dan teknologi ( misalnya : lebih rutin, lebih menantang )


Perlawanan terhadap Perubahan
Terdapat empat alasan umum mengapa orang menolak perubahan :
1.      Kepentingan pribadi yang picik
2.      Salah pengertian dan kurang percaya
3.      Penilaian yang berbeda
4.      Toleransi yang rendah terhadap perubahan

Strategi memperkecil penolakan perubahan

1.      Pendidikan dan komunikasi
2.      Partisipasi dan keterlibatan
3.      Fasilitas dan penunjang
4.      Negoisasi dan kesepakatan
5.      Manipulasi dan memilih seseorang untuk menjadi anggota
6.      Paksaan implisit dan eksplisit
Perubahan dalam Menanggapi Inovasi
Perusahaan yang jeli akan menggunakan statistik untuk mengetahui inovasi dan kecendurungan teknologi sebelum muncul ke pasar.
Bibliometrik
Sebuah bentuk analisis statistik, guna meneliti paten dan karya ilmu pengetahuan berbagai inovasi yang secara potensial akan mempunyai dampak pada cara mereka melakukan bisnis di waktu yang akan datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar