PENGEMBANGAN DAN INOVASI DALAM ORGANISASI
Pengembangan dan inovasi dalam suatu organisasi menjadi hal yang harus ada untuk membawa organisasi menjadi lebih baik dalam pencapaian tujuan dan tepat sasaran secara efektif dan efisien. Metode-metode yang diterapkan dalam suatu organisasi berbeda-beda sesuai dengan rencana tujuan yang akan dicapai, metode-metode itu lang selalu mengalami perkembangan dan inovasi, pengembangan metode dilakuakan mengikuti dengan perkembangan teknologi dan keadaan eksternal yang mempengaruhi pencapaian tujuan dalam suatu organisasi. Dala mengembangkan metode itu juga terkadang ditemukan gagasan baru yang secara tidak sadar menjadi senjata ampuh untuk pencapaian tujuan juga, gagasan baru yang membuat organisasi bekerja secara efektif dan efisien.
Selain pengembangan metode, organisasi juga tak terlepas dengan stuktur dan
manajemen komponen yang menyusun suatu organisasi. Stuktur kepemimpinan juga
menjadi hal yang tak luput dari pengembangan dan penebuan gagasan baru.
Regenerasi dan pergantian kekuasaan dan posisi dalam suatu organisasi juga
menjadi penentu perkembangan organisasi dalam mencapai tujuannya.
Sebagai penguat pendapat kelompok kami, kami menyertakan beberapa sumber
yang membahas tentang perubahan, perkembangan dan inovasi organisasi. Sebagai
berikut :
Perubahan, Perkembangan, Dan Inovasi Organisasi
Gaya Manajemen Baru
dalam Mengelola Keanekaragaman :
Roosevelt Thomas, Jr,
Presiden American Institute for Managing Diversity, merumuskan
Mengelola keaneka ragaman ( Managing Diversity – MD ) sebagai proses menciptakan dan memelihara suatu lingkungan yang memungkinkan semua anggota organisasi mencapai potensi penuh mereka dalam mengejar tujuan perusahaan.
Mengelola keaneka ragaman ( Managing Diversity – MD ) sebagai proses menciptakan dan memelihara suatu lingkungan yang memungkinkan semua anggota organisasi mencapai potensi penuh mereka dalam mengejar tujuan perusahaan.
Pedoman Managing
Diversity :
·
Apakah anda benar-benar telah memahami Managing
Diversity
·
Menerima peran sebagai agen perubahan
·
Mengembangkan rencana strategi Managing
Diversity
·
Gunakan pendekatan payung ( umbrella
approach )
·
Kembangkan penalaran bisnis strategik
·
Tanamkan pentingnya perubahan dalam benak
para pegawai
·
Periksa dan modifikasi budaya
·
Gunakan perspektif Managing Diversity jangka
panjang
Terapkan sikap
perintis
Pengembangan
Organisasi ( Organization Development – OD )
Adalah metode untuk
memberi sarana perubahan dan pengembangan dalam struktur dan proses ( misalnya,
hubungan, peran ), tenaga kerja ( misalnya gaya, keahlian ) dan teknologi (
misalnya : lebih rutin, lebih menantang )
Perlawanan terhadap
Perubahan
Terdapat empat alasan umum mengapa orang menolak perubahan :
Terdapat empat alasan umum mengapa orang menolak perubahan :
1. Kepentingan pribadi
yang picik
2. Salah pengertian dan
kurang percaya
3. Penilaian yang berbeda
4. Toleransi yang rendah
terhadap perubahan
Strategi memperkecil penolakan perubahan
1. Pendidikan dan
komunikasi
2. Partisipasi dan
keterlibatan
3. Fasilitas dan
penunjang
4. Negoisasi dan
kesepakatan
5. Manipulasi dan memilih
seseorang untuk menjadi anggota
6. Paksaan implisit dan
eksplisit
Perubahan dalam Menanggapi
Inovasi
Perusahaan yang jeli
akan menggunakan statistik untuk mengetahui inovasi dan kecendurungan teknologi
sebelum muncul ke pasar.
Bibliometrik
Sebuah bentuk analisis statistik, guna meneliti paten dan karya ilmu pengetahuan berbagai inovasi yang secara potensial akan mempunyai dampak pada cara mereka melakukan bisnis di waktu yang akan datang.
Bibliometrik
Sebuah bentuk analisis statistik, guna meneliti paten dan karya ilmu pengetahuan berbagai inovasi yang secara potensial akan mempunyai dampak pada cara mereka melakukan bisnis di waktu yang akan datang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar